Tips dan Trik Sederhana Foto Makanan Agar Terlihat Lebih Menarik

Memotret makanan bisa dikatakan menjadi trend sekarang ini. Kini memotret makanan bukan hanya pekerjaan seorang food photographer, tetapi menjadi sebuah rutinitas wajib seseorang sebelum dia mencicipi makanan, hehe.

Jika pada zaman dulu kita selalu diwajibkan berdoa dahulu sebelum makan, kini sudah bergeser menjadi foto dulu sebelum makan, atau malah selfie dulu sebelum makan.

Dengan semakin banyaknya orang yang memiliki kamera baik itu kamera smartphone, kamera saku ataupun DSLR, maka semakin banyak pula foto makanan yang bertebaran di jagat maya.

Nah, sekarang kita akan mempelajari sedikit bagaimana sih memotret makanan sehingga tampak terlihat lezat dan menarik.

 

1. Tatalah makanan yang akan difoto agar tampak baik

Salah satu hal yang sering dilupakan orang adalah mengenai tampilan makanan, sekalipun teknik foto anda sudah luar biasa, lensa yang digunakan seharga puluhan juta rupiah , jika tampilan makanan atau komposisi makanan, baik itu bentuk dan warna jelek, maka hasil akhir fotonya pasti jelek, karena dari dasarnya sudah jelek.

Bagian yang penting dan ingin anda tonjolkan seharusnya tampil lebih ke depan. Perhatikan juga jangan sampai ada sedikit makanan yang tumpah atau terselip di luar piringnya (jika foto makanan anda menggunakan piring tentu)

 

2. Pastikan kondisi cahaya mencukupi

Fotografi adalah seni dengan cahaya, jika cahaya tak ada maka takkan ada yang terlihat (yaialah..).

Nah dalam memotret makanan, pastikan ruangan anda memotret memiliki pencahayaan yang cukup, entah itu dari lampu yang terang, atau sumber cahaya lainnya.

 

3. Jangan lupakan background

Pastikan background foto makanan anda bagus, usahakan agar background foto terlihat simpel dan tidak ramai, hal ini patut diperhatikan karena jangan sampai background foto anda lebih menarik perhatian daripada foto makanannya sendiri.

Hindari background yang  warnanya terlalu mencolok, dan pastikan juga warnanya senada dengan makanan, jika anda tak ingin repot gunakan saja warna netral, seperti putih, hitam atau grey.

4. Manfaatkan angle atau sudut pengambilan unik

Jika kebanyakan orang memotret makanan dari atas, cobalah sudut yang berbeda. Yah jangan difoto dari bawah juga sih, terhalang meja nantinya hehe.

Berkreasilah dengan sudut pandang ini, mungkin dari samping atau sudut 45 derajat ke arah objeknya.

Jangan takut untuk mencoba pastinya, karena dengan mengeksplor sudut pandang ini, anda akan menemukan sudut mana sebuah makanan bisa terlihat sangat cantik atau lezat.

5. Jangan lupakan detail makanan tersebut

Jika anda memotret sebuah cake blackforest dengan tambahan buah cherry di atasnya, itu juga bisa menjadi point of interest yang menarik, point of interest maksudnya adalah bagian yang menarik perhatian orang yang melihat.

Coba untuk fokuskan ke detail dari makanan tersebut, dan anda akan melihat bagaimana makanan tersebut jadi semakin menarik untuk difoto.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *